PELATJURDAS 2011


Pada pukul 15.00 WIB peserta Pelatjurdas 2011 mulai datang berkumpul di depan kelas BB – 302. Peserta yang yang sudah datang lebih dahulu registrasi/ mengisi daftar hadir sambil menunggu peserta lain yang belum datang.
        Sekitar pukul 16.00 WIB pserta mulai memasuki ruangan dengan memakai baju batik dan jas almamater. Acara yang dibuka dengan sambutan dari Kaprodi D3 Teknik Kimia, Ir. Budi Setiawan, MT. Setelah itu, materi pertama diisi oleh Mas Mukti Mulyawan yaitu wawasan jurnalistik dan pers. Materi berjalan dengan menarik, terbukti dari antusiasme peserta yang aktif bertanya. Tak terasa waktu berjalan dengan cepat, materi pertama sudah selesai. Hari pertama Pelatjurdas telah belangsung dengan baik.
         Hari kedua Pelatjurdas peserta datang pukul 06.30 WIB, seperti hari pertama peserta terlebih dahulu registrasi. Materi kedua dimulai yaitu teknik wawancara yang kali ini pemateri adalah Mbak Lutvia. Disini kita diajari teknik berwawancara yang baik, hal – hal yang harus dipersiapkan sebelum wawancara dan wawancara yang efektif. Materi ketiga tidak kalah menarik dengan materi kedua, yaitu teknik menulis oleh Mas Januar Indra Yudhatama yang berasal dari jurusan Biologi FMIPA. Materi yang ketiga sebenarnya mengasikkan tapi Mas Januar sedikit tidak jelas dalam menyampaikan materi, sehingga para peserta mulai terlihat bosan. Tapi itu tidak membuat para peserta kehilangan semangat.
        Materi yang keempat adalah photo journalism diisi oleh Mbak Lisana. Para peserta diajari cara mengambil objek yang bagus dimana para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengambil foto dari panitia yang ada di belakang. Materi yang menyenangkan sekaligus seru. Materi yang kelima yaitu pers mahasiswa oleh Mas Median, Menteri Medkom – info BEM ITS. Mas Median menjelaskan materi dengan menarik sehingga ini membuat para peserta bertambah semangat mengikuti materi yang disampaikan. Kemudian dilanjutkan dengan materi keenam yaitu cara membuat blog yang mana materi  ini adalah terakhir di hari  kedua Pelatjurdas. Materi yang lebih banyak simulasi ini, membuat para panitia kuwalahan karena membantu para peserta dalam membuat blog. Para peserta yang sebagian besar tidak bisa membuat blog, semakin ingin tahu bagaimana membuat blog yang menarik. Hari kedua Pelatjurdas berjalan sangat menyenangkan.
        Hari terakhir Pelatjurdas adalah simulasi total bertempat di FMIPA. Simulasi total yaitu pengaplikasian ilmu yang didapat pada hari pertama dan kedua Pelatjurdas 2011. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing – masing kelompok dibagi untuk membuat berita di tempat yang berbeda – beda. Ada yang melakukan wawancara serta mengumpulkan berita. Para peserta berlomba – lomba membuat berita sebagus mungkin. Pada akhir acara, berita yang paling menarik yaitu berita dari kelompok Noviyanti. Setelah itu diadakan pemilihan Kaforkom dengan 2 calon yang terpilih yaitu Faris dan Farid. Pemilihan Kaforkom diadakan dengan cara pemungutan suara dari para peserta dengan suara terbanyak yaitu Faris. Akhirnya Faris terpilih menjadi Kaforkom 2010, meskipun awalnya Faris agak ragu – ragu namun para panitia dan peserta memberikan semangat kepada Faris.
        Pelatjurdas yang berlangsung selama 3 hari ini berjalan cukup sukses. Meskipun yang dinyatakan lolos hanya 28 peserta, namun para peserta memiliki visi misi yang sama yaitu membuat jurnalistik D3 Teknik Kimia menjadi lebih maju.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 komentar:

Anonim mengatakan...

it's very nice .

Anonim mengatakan...

mari kita majukan kegiatan jurnalistik di d3kkim

aristia anggraeni mengatakan...

ayo maju temn2 .. :)

diradirediro mengatakan...

nice post...

Anonim mengatakan...

Teruskan perjuangan kita sebagai forkom berikutnya

aristia anggraeni mengatakan...

oce siph ..

Posting Komentar